Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Air Zam-zam menurut Islam

 

Manfaat Air Zam-zam menurut Islam

Sebagai umat islam pasti tidak asing lagi dengan kata air zam-zam. Air suci yang penuh berkah ini hanya tersedia di kota Mekah Saudi Arabia tempat dimana Islam pertamakali lahir. Air ini tidak akan terlewat bagi mereka yang menunaikan ibadah haji atau umroh atau baik mereka yang berkunjung ke mekah.

Sumber mata air zam-zam berada di Kawasan masjidil haram dikota mekah atau tepatnya disebelah tenggara baitullah. Sumur ini memiliki kedalaman 42 meter, dan tak pernah kering semenjak zaman nabi Ismail sampai sekarang meskipun jutaan liter diambil dari sumur tersebut. 

Zam-zam dalam Bahasa Indonesia berarti banyak dan melimpah ruah, nama tersebut sesuai dengan keadaan sumur air zam-zam yang selalu memancarkan sumber air dengan melimpah dan tidak pernah habis meskipun banyak orang mengambilnya.

Keistimewaan air zam-zam 

 Air zam-zam memiliki keutamaan dan keistimewaan deibandingkan dengan air apapun yang ada dimuka bumi, keutamaan dan manfaat air zam-zam telah disebutkan oleh Rasulullah Muhammad shalallahu alaihi wasalam pada hadist Silsilah Ash Shahihah no. 1056 dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albani. 

 خَيْرُ مَاءٍ عَلَى وَجْهِ الأَرْضِ مَاءُ زَمْزَمَ فِيهِ طَعَامٌ مِنَ الطُّعْمِ وَشِفَاءٌ مِنَ السُّقْمِ 

 “Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zam-zam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa sebagai obat penyakit.”

 

Dari kutipan hadist tersebut jelas bahwasanya Rasulullah mengatakan air zam-zam merupakan sebaik-baik air yang ada dimuka bumi, dengan meminum ini tidak hanya menghilangkan haus dan dahaga semata, akan tetapi bisa juga menyegarkan perut yang sedang lapar.Selain itu air zam-zam juga bisa digunakan sebagai obat berbagai penyakit. 

 Tak hanya itu, air zam-zam merupakan air yang diberkahi oleh Allah subhanahu wata’ala, hal itu tersinggung dalam hadist rasulullah yang diriwayatkan oleh imam Muslim : 

 إِنَّهَا مُبَارَكَةٌ إِنَّهَا طَعَامُ طُعْمٍ 
 “Sesungguhnya air zam-zam adalah air yang diberkahi, air tersebut adalah makanan yang mengenyangkan.” (HR. Muslim no. 4520)


 

Keistimewaan air zam-zam yang lain merupakan air yang menjadi perantara mustajabnya sebuah do’a bagi peminumnya, karena setelah meminum air zam-zam kita dianjurkan untuk berdo’a sesuai hajat masing-masing. 

 مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ 
 “Air zam-zam sesuai keinginan ketika meminumnya.” (HR. Ibnu Majah)


 

Maka doa apa saja yang diucapkan oleh peminumnya Ketika meminum air zam-zam merupakan doa yang mustajab dan mudah dikabulkan oleh Allah, inshaallah. 

Manfaat air zam-zam 

Setelah mengetahui keutamaan air zam-zam dari hadist rasulullah sallalahu alaihi wasalam, sekarang kita membahas apa saja manfaat yang diperoleh dari air zam-zam. 
 
  1. Air zam-zam merupakan minuman yang menyegarkan 
  2. Zam-zam air murni dan baik untuk Kesehatan peminumnya 
  3. Mengandung flourida yang merupakan zat anti kuman sehingga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit Merupakan air yang emnjadi sebab makbulnya doa peminumnya 
  4. Mengandung 2 mineral kalsium dan magnesium sehingga menyegarkan 
  5. Tak mengandung mikro organisme sehingga tak tumbuh lumut 
  6. Air zam-zam akan melancarkan metabolism tubuh 
  7. Menambah energi bagi orang hamil 
Dan masih banyak lagi manfaat air zam-zam, bagi kalian yang belum pernah mencobanya, hendaklah kalian sesegera mungkin mencoba air ini.

Post a Comment for "Manfaat Air Zam-zam menurut Islam"